Cara Memilih Daftar Ekspedisi Pengiriman Barang Murah dan Terpercaya

14 Sep 2017

Saat ini, banyak sekali perusahaan/perseorangan ataupun startup yang sudah mulai membutuhkan jasa ekspedisi online. Karena pendistribusian barang mereka sudah sangat terbantu dengan adanya internet dan sosial media, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, bahkan forum jual beli seperti Kaskus.

Artinya, mulai banyak sekali perusahaan ekspedisi bermunculan berkompetisi menjadi yang terbaik.

Sampai saat ini, yang kita kenal ekspedisi di Indonesia adalah JNE, J&T, Kargo Indonesia, Wahana, SiCepat, Cargonesia, Pos Indonesia dan Raja Kirim.

Sebagai salah satu kustomer yang pernah sesekali menggunakan jasa mereka semua, Saya ingin membagikan tips bagaimana mencari jasa ekspedisi pengiriman barang yang murah tapi tetap dapat dipercaya aman dan kualitasnya.

1. Mereka Adalah Ekspedisi yang Ahli Banyak Rute Pengiriman

Pilihan Rute Ekspedisi

Sebelum kita mengetahui lebih jauh tentang profile dan layanan yang disediakan oleh mereka, kita harus ketahui terlebih dahulu siapa ekspedisi yang spesialis dengan rute yang akan kita pilih, misalnya ekspedisi Jogja ke Jakarta, ekspedisi Semarang ke Surabaya, ekspedisi Jakarta ke Bandung ataupun rute lainnya. Sebagus apapun mereka, jika mereka ternyata memang tidak memiliki keahlian layanan untuk pengiriman barang pada suatu wilayah, jangan paksa mereka. Karena, yang akan terjadi hanya barang akan hilang / barang lama dikirim.

Keuntungan lainnya, jika kita memilih ekspedisi yang ahli dalam banyak rute adalah kita bisa menggunakan mereka kapanpun dan kemanapun kita mau. Sebagai pebisnis yang tidak mau dimana asalnya si pembeli kita, tentu ini akan sangat membantu.

2. Ekspedisi Harga Murah tapi Wajar

Berapa biaya pengiriman barang ekspedisi? Mereka yang memiliki harga wajar dan punya harga standar tentu akan memudahkan kita dalam menghitung biaya ongkos kirim dari tempat kita ke tempat pembeli.

Kenapa harus harganya wajar? Semua ini adalah masalah tanggung jawab yang dipegang oleh perusahaan ekspedisi. Kita analogikan seperti ini, semakin mahal harga jual barang yang akan kita kirim, pasti tanggung jawab ekspedisi akan semakin tinggi, artinya mereka akan meningkatkan biaya ongkos kirim.

3. Barang Kiriman Mudah Dilacak

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan ekspedisi adalah mereka memiliki nomor resi dan fitur tracking untuk melacak dimana lokasi barang secara real time tanpa harus khawatir barang akan hilang. Akan lebih baik lagi, jika mereka tidak hanya menyediakan fitur cek resi, tapi fitur GPS juga.

4. Biaya Kirim Mudah Diketahui

Selain fitur cek resi, fitur cek tarif juga kadang masih kita perlukan jika sewaktu-waktu ternyata kita akan kirim barang ke tempat lain dari yang kemarin. Biasanya, mereka sediakan fitur cek tarif ini melalui halaman website dan aplikasi mobilenya.

5. Estimasi Waktu Pengiriman Jelas

Pelanggan yang sudah mengirim barang banyak yang merasa sudah tidak sabar ingin cepat-cepat mencoba barang yang sudah dibelinya dari kita. Dengan mengetahui ini, kita bisa memberikan informasi kepada pelanggan tentang kira-kira waktu kapan pengiriman akan sampai ke alamat tujuan.

6. Jaminan Asuransi Pengiriman Barang

Satu hal lagi, kita perlu menggunakan asuransi pengiriman barang. Kenapa? Jangan sia-siakan barang pengiriman kita hilang di jalan atau rusak di jalan. Menggunakan asuransi ini, kita bisa meng-klaim barang tersebut dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Melihat ini semua, dapat disimpulkan bahwa bisnis online atau bisnis yang harus kirim-kirim barang bukan hanya tentang bagaimana kita mempromosikan produk kita ke mancanegara, tapi ada juga yang harus diperhatikan, yaitu bagaimana mengirim barang pesanan pelanggan sampai dengan selamat sampai alamat tujuan menggunakan ekspedisi pengiriman barang murah dan terpercaya.


TAGS ekspedisi kirim barang biaya ekspedisi barang tarif ongkir barang ekspedisi terbaik


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post